Monday, November 4, 2013

Tugas Softskill "Perilaku Konsumen"

Perilaku Konsumen
Edisi ke-8
SCHIFFMAN & KANUK





Bagian Pertama
Pendahuluan: Dampak Revolusi Digital Pada Perilaku Konsumen

 




1.Tujuan One-To-One Marketing
·         Untuk Mencapai Pelanggan Lebih Dekat
·         Menjual Lebih Banyak Produk
·         Menghasilkan Keuntungan

2.       Revolusi Digital di Pasaran
·         Memungkinkan penyesuaian produk, jasa, dan pesan promosi yang belum pernah ada sebelumnya
·         Meningkatkan hubungan dengan pelanggan secara lebih efektif dan efisien

3.       Perubahan Lingkungan Bisnis
·         Peningkatan daya konsumen
·         Akses terhadap informasi
·         Lebih banyak produk dan jasa
·         Pertukaran interaktif dan instan
·         Akses ke pola dan preferensi pelanggan
·         Evolusi ke sambungan lain-Web
·         PDA
·         HDTV
·         Ponsel

4.       Perilaku Konsumen

Perilaku konsumen yang ditampilkan dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan membuang suatu produk atau jasa diharapkan mampu memuaskan kebutuhan mereka.

5.       Konsumen Pribadi

Individu yang membeli barang dan jasa untuk digunakan sendiri, untuk keperluan rumah tangga, untuk penggunaan dari anggota keluarga, atau teman.

6.       Konsumen Organisasi
Sebuah perusahaan, instansi pemerintah, atau lembaga lainnya (mencari keuntungan maupun tidak) yang membeli barang, jasa, dan / atau peralatan yang diperlukan bagi organisasi.                                                                                                                        

8.       Konsep Produksi
Mengasumsikan bahwa konsumen tertarik terutama dalam produk dengan harga yang rendah.
Tujuan pemasaran:
·         Murah, produksi yang efisien
·         distribusi intensif
·         perluasan pasar

9.       Konsep Produk
Mengasumsikan bahwa konsumen akan membeli produk yang menawarkan mereka kualitas tertinggi, kinerja terbaik, dan fitur yang paling hebat.
Tujuan pemasaran:
·         peningkatan kualitas
·         Penambahan fitur
·         Kecenderungan Miopia Pemasaran

10.   Konsep Penjualan
Mengasumsikan bahwa konsumen tidak mungkin untuk membeli produk kecuali mereka benar benar dalam keadaan membutuhkan produk
Tujuan pemasaran:
·         Menjual, menjual, menjual
·         Kurangnya kepedulian terhadap kebutuhan dan kepuasan pelanggan

11.   Konsep Pemasaran
Mengasumsikan bahwa untuk menjadi sukses, perusahaan harus menentukan kebutuhan dan keinginan pasar target tertentu dan memberikan kepuasan yang diinginkan lebih baik dari kompetitor
Tujuan pemasaran:
·         Keuntungan melalui kepuasan pelanggan


12.   Pemimpin Bisnis Yang Mampu Memahami Perilaku Konsumen
          Alfred Sloan, General Motors
          Colonel Sanders, KFC
          Ray Kroc, McDonald’s

13.   KFC’s Footstep Foyage


Kolonel Harland Sanders lahir pada 9 September, 1890, secara aktif memuai bisnis franshise ayamnya umur 65 tahun. Sekarang, KFC telah menjadi salah satu pelayanan makanan cepat saji terbesar di dunia. Dan Kolonel Sanders, adalah perintis restoran cepat saji, yang telah menjadi semangat kewirausahaan.

14.  Konsep Pemasaran
Orientasi konsumen menunjukan bahwa kepuasan akan kebutuhan konsumen memberikan fokus untuk pengembangan dan strategi pemasran agar perusahaan datap mencapai target usahanya.

15.   Mengimplementasikan konsep pemasaran.
·                Penelitian konsumen
·                Segmentasi atau pembagian menjadi ruasan.
·                Menetapkan target.
·                Posisi/kedudukan.


16.  Penelitian konsumen.
         Proses dan alat media yang digunakan untuk mempelajari bagaimana perilaku para konsumen.
         Dua perspektif:
·         Pendekatan positif
·         Pendekatan Intertivist.

17.   Segmentasi, Penetapan Target dan Posisi.
         Segmentasi: Proses pemisah/pembagian pasar ke dalam bagian himpunan konsumen dengan melihat kebutuhan umum atau karateristiknya.
         Menetapkan target: Menyeleksi/memilih satu atau lebih bagian untuk dilanjutkan.
         Posisi/kedudukan : mengembangkan gambaran yang berbeda untuk produk citra dalam pemikiran setiap konsumen.

18.  Penempatan yang sukses.
         Menyampaikan/mengkomunikasikan tentang manfaat dari sebuah produk, lebih cukup untuk keistimewaannya.
         Menyampaikan/mengkomunikasikan rencana penjualan yang unik untuk setiap barangnya.
19.  Campuran Pemasaran
-          Produk.
-          Harga.
-          Tempat.
-          Promosi.

20.  Hubungan yang sukses
-          Nilai Konsumen.
-          Ingatan Konsumen.
-          Kepuasan Konsumen.

21.  Tipe dari setiap konsumen
-          Orang yang setia.
-          Rasul.
-          Penyebrang/Orang yang meninggalkan sebuah partai.
-          Teroris.
-          Sandera.
-          Prajurit upahan.

22.  Profitabilitas Konsumen-Fokus Pemasaran

 


23.  Konsep Pemasaran Masyarakat.

Sebuah revisi terhadap konsep pemasaran tradisional dengan menduga bahwa pasar tersebut akan mematuhi terhadap setiap prinsip dan tanggung jawab sosial dalam pemasaran barang dan jasa yaitu bahwa mereka harus berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar sasaran mereka dengan cara melestarikan dan meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat secara menyeluruh.

24.   Konsep Pemasaran Masyarakat.

·         Sebuah perusahaan akan menjadi makmur saat masyarakatnya makmur.
·         Perusahaan, serta individu akan lebih baik jika terdapat tanggung jawab sosial dengan komponen integral dari setiap keputusan yang dikeluarkan pasaran.
·         Membutuhkan semua pemasar untuk mematuhi asas/prinsip atas tanggung jawab sosial



Catatan :

-          One to one marketing : tekhnik memasarkan produk dengan cara memberikan produk dan jasa kepada pelanggan sesuai dengan hasil dentifikasi terhadap kebutuhan dan preferensi mereka masing-masing.